Latte Art, Pola Indah Pada Sajian Kopi Anda

Latte Art, Pola Indah Pada Sajian Kopi Anda

Sebagai penikmat kopi, Anda pasti pernah melihat hiasan yang indah pada permukaan minuman Anda. Tahukah bahwa kreativitas tersebut merupakan bagian dari Latte Art? Membuat berbagai macam bentuk yang indah itu bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan berarti Anda tidak dapat mempelajarinya. Pasalnya, keahlian ini juga termasuk keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang barista.

Apa itu Latte Art?

Pada dunia perkopian latte art merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari bentuk sajian minuman kopi. Sungguh membutuhkan keterampilan tersendiri agar seorang barista memiliki keterampilan tersebut. Terlebih lagi semua polanya sangat indah hingga membuat mood meningkat. Keterampilan ini sendiri merupakan sebuah teknik penyajian secangkir denga cara menggunakan foam atau busa pada permukaan espresso.

Pola Dasar yang Harus Dikuasai

Untuk membuatnya memerlukan keterampilan dan jam terbang yang cukup tinggi. Terdapat empat pola dasar yang harus dikuasai oleh barista agar dapat menggambarnya dengan baik pada permukaan kopi.

Hati atau Heart

Pola ini merupakan gambar dasar yang harus dikuasai oleh seorang barista. Biasanya Anda akan dituntut untuk melakukannya dengan tepat sebelum beranjak pada bentuk yang lainnya. Pasalnya, desain ini banyak digunakan oleh barista pada sajian kopinya.

Rosetta

Selanjutnya adalah pola yang dikenal dengan nama rosetta. membuatnya termasuk gampang-gampang sulit, pasalnya membutuhkan ketelatenan dan pengendalian terhadap aliran susu. Anda pun harus menjaga keseimbangan jarak antara permukaan kopi dengan mulut teko yang anda gunakan.

Anda pun harus mampu mengontrol gerakan tangan agar tidak terlalu kaku atau malah sebaliknya. Jangan sampai pula lengan menjadi tremor. Tanpa kemampuan tersebut, maka kelopak bunga yang indah tidak akan dihasilkan. Terakhir adalah melakukan gerakan tarikan pada tengah kelopak agar menghasilkan bentuk batang yang sempurna.

Bunga Tulip

Gambar ketiga yang harus Anda kuasai adalah gambar bunga tulip. Metodenya adalah dengan menggambar bentuk berupa tumpukan hati sehingga pada akhir pembuatan akan membentuk pola bunga khas Belanda ini.

Anda perlu kemampuan untuk mengendalikan jarak antara permukaan sajian dengan teko yang berisikan susu sehingga alirannya dapat lebih terkontrol. Lalu dengan garis sederhana membentuk tumpukan bunga tulip.

Bagian paling sulit dari membentuk pola indah indah ini adalah ketika akan mulai mengisinya pada permukaan sajian kopi. Anda perlu menetapkan berapa banyak cairan susu yang diperlukan untuk membentuk polanya dengan tepat. Mengendalikan alirannya dari teko ke cangkir serta mencegahnya terlalu penuh.

Anda juga dituntut untuk mampu memperlambat, mempercepat bahkan menghentikan aliran susu ketika akan menuangkannya. Dengan demikian, keterampilan ini merupakan keahlian tingkat tinggi yang terdapat dapat diremehkan begitu saja.

Dengan memiliki keterampilan membentuk latte art ini tentu seorang barista akan sangat dihargai oleh tempatnya bekerja. Dengan demikian, kualitas pekerjaanya akan semakin membaik. Apakah Anda berminat untuk menguasainya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *