Cara Memakai Aplikasi Samsat Digital Untuk Pembayaran Pajak Kendaraan

Samsat Digital Nasional
source gambar : samsatdigital.id

Bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor tentu harus membayar pajak sesuai aturan pemerintah. Aplikasi samsat digital nasional bisa digunakan untuk keperluan tersebut bahkan bisa membuat kegiatan membayar pajak kendaraan jauh lebih mudah.

Untuk melakukan pembayaran pajak STNK via online dengan memakai aplikasi Signal, Anda bisa mengikuti tahap-tahap berikut ini. Tetapi pertama-tama pastikan anda melakukan pendaftaran lewat aplikasi Signal agar bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran kendaraan dan juga pembayaran.

Berikut tahap-tahap lengkapnya untuk penambahan kendaraan dan juga pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi Signal.

Penambahan informasi data kendaraan sendiri

Jika kalian ingin mengurus pajak kendaraan sendiri, maka bisa tambah data kendaraan kalian sendiri dengan cara berikut. Pertama-tama kalian harus memasukkan data seperti NRKB atau Nomor Polisi.

Lalu lanjutkan dengan input 5 digit angka rangka terakhir.

Penambahan informasi data kendaraan dalam satu KK

Penambahan data kendaraan bisa juga dalam satu KK atau Kartu Keluarga. Cara yang dilakukan bisa dengan memasukkan beberapa data mulai dari NIK EKTP dalam satu KK. Siapkan dan input juga NRKB serta nomor rangka lima digit terakhir.

Pendaftaran untuk pengesahan STNK

Selain mendaftar untuk akun aplikasi Signal, menambah data untuk kendaraan terkait, perlu juga pendaftaran di aplikasi Signal untuk proses pengesahan STNK, cara yang bisa dilakukan sebagai berikut.

Pertama-tama pengguna aplikasi Signal memilih kendaraan tertentu yang sudah berhasil terdaftar atau ditambahkan sebelumnya. Lalu sistem aplikasi Signal akan menampilkan berapa besaran ketetapan nilai Pajak Kendaraan dengan SWDKLLJ.

Lalu tentukan apakah memakai opsi pengiriman dokumen atau tidak. Selanjutnya pengguna aplikasi Signal akan mendapat Kode Bayar. Lanjutkan dengan melakukan pembayaran sesuai Kode Bayar pada channel mitra yang sudah bekerja sama.

Selanjutnya anda akan mendapat bukti pembayaran dari pihak Mitra. Lalu akan mendapatkan juga Bukti E-KD, E-Pengesahan, dan E-TBPKP lewat aplikasi Signal. Anda juga akan mendapat TBPKP Fisik kalau memilih opsi dikirim pada aplikasi Signal tersebut.

Demikian saja informasi kali ini seputar pendaftaran dan pembayaran pajak motor/ mobil melalui aplikasi Signal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *