Bakteri yang Menguntungkan Bagi Manusia Mudah Ditemukan Pada Produk Minuman Susu

Bakteri yang Menguntungkan Bagi Manusia Mudah Ditemukan Pada Produk Minuman Susu

Jangan sekadar mengira jika bakteri adalah organisme yang merugikan manusia. Ya, padahal ada cukup banyak bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Bahkan organisme ini hidup di dalam tubuh manusia dan membuat manusia tetap bertahan hidup.

Setidaknya ada sekitar 10 triliun bakteri hidup di dalam tubuh manusia. Sebagai besar dari mereka hidup di saluran pencernaan dan mereka akan membantu tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi. Tak sekedar itu bakteri baik juga akan membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat. Lantas apa saja bakteri menguntungkan bagi manusia?

Bakteri Baik Menguntungkan Bagi Manusia

Berbagai jenis makanan seperti tempe, yogurt, keju, dan beberapa makanan fermentasi merupakan makanan dibuat dan mengandung berbagai bakteri baik, serta pastinya menguntungkan bagi manusia.

Selain itu, susu pun termasuk produk pangan mengandung organisme baik. Lactobacillus menjadi salah satu bakteri menguntungkan terdapat si minuman susu. Ada lebih dari satu jenis Lactobacillus yang ada di minum susu. Lantas apa sajakah jenisnya dan fungsinya?

1. Lactobacillus Bulgaricus

Pertama ada Lactobacillus Bulgaricus yang menurut pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan efek anti-mutagenik. Organisme ini dapat mengikat amina heterosiklik. Amina heterosiklik sendiri adalah zat karsinogenik terbentuk dari daging yang dimasak.

Selain itu penelitian lainnya menunjukkan jika Lactobacillus bulgariucus dapat mengurangi aktivitas enzim B-glucuronidase. Tak sekadar itu, organisme satu ini pun terbukti dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan dan karies gigi pada anak-anak, mencegah diare akut, serta mengurangi keparahan infeksi rotavirus pada anak-anak.

2. Lactobacillus Casei

Selanjutnya ada Lactobacillus Casei cukup sering digunakan untuk proses pembuatan susu fermentasi. Lactobacillus Casei dapat mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang ada di dalam usus. Dengan bakteri yang menguntungkan ini maka kesehatan pencernaan manusia akan lebih terjaga.

3. Lactobacillus Plantarum

Organisme baik selanjutnya tergolong bisa ditemukan pada minuman susu adalah Lactobacillus Plantarum. Lactobacillus Plantarum sendiri dapat menghasilkan asam laktat pada saluran pencernaan, dan asam laktat inilah yang dapat mengurangi risiko perut kembung.

Selain itu, bakteri ini dapat menyerap antioksidan dan vitamin. Serta keuntungan lainnya yang akan didapat adalah bakteri Lactobacillus Plantarum dapat mengurangi keracunan pada tubuh.

4. Prebiotik

Selain Lactobacillus, ada juga prebiotik. Ini merupakan bakteri baik yang juga ada dalam susu sapi. Prebiotik berfungsi untuk mengendalikan berat badan. Dengan memberikan susu yang mengandung prebiotik kepada anak sejak dini, maka ini dapat mengendalikan obesitas pada anak. Tak sekadar itu saja, prebiotik pun dapat menjaga mikrobiota usus dan meningkatkan kekebalan imun.

Itulah beberapa bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Sebagai orang tua yang bijak, maka tentunya harus memberikan susu yang memang mengandung berbagai jenis bakteri baik. Susu sapi yang mengandung berbagai organisme baik pun mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *