Tanda Pencernaan Anak Sehat yang perlu diketahui

Tanda Pencernaan Anak Sehat yang perlu diketahui

Perlu anda ketahui bahwa kekebalan tubuh anak terdapat pada saluran pencernaannya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga kesehatan pencernaan anak agar sehat sehingga bisa mendukung kesehatan tubuh secara umum. Untuk mengetahui apakah pencernaan sehat atau tidak maka anda bisa melihat tanda pencernaan anak sehat. Ada beberapa tanda pencernaan bahwa anak sehat dan sangat mudah untuk dipahami. Berikut ini beberapa tanda yang bisa anda ketahui.

Kenali Tanda Pencernaan Anak Sehat

Ada beberapa tanda yang bisa kita ketahui apakah pencernaan anak itu sehat atau tidak. Tanda pertama yang bisa kita lihat adalah frekuensi BAB. Pada anak yang baru lahir biasanya BAB bisa enam kali sehari dengan konsistensi agak cair. Hal ini juga termasuk normal karena seiring bertambahnya usia dan matangnya saluran pencernaan maka BAB bayi akan semakin padat dan frekuensinya akan berkurang. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir jika frekuensi BAB terlalu sering atau konsistensinya cair terlebih jika disertai dengan darah pada tinja, muntah, rewel, nyeri perut, lemas dan demam.

Adapun ciri atau tanda pencernaan anak sehat yang kedua adalah jumlah bakteri baik dalam saluran cerna si kecil lebih banyak daripada jumlah bakteri jahat. Bakteri baik yang ada pada saluran pencernaan anak akan membantu memecah makanan menjadi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh. selain itu,semakin banyak bakteri yang baik disaluran saluran cerna maka akan semakin sedikit pula ruang yang ada untuk bakteri jahat. Oleh karena itu, salah satu ciri-ciri pencernaan bagi anak yang sehat adalah jumlah bakteri baik selalu lebih banyak dibandingkan dengan bakteri jahat pada saluran cerna.

Tanda Pencernaan Anak Sehat Lainnya yang perlu diketahui

Tanda lainnya bagi anak memiliki kesehatan yang baik pada pencernaannya adalah sikecil jarang mengalami gangguan pencernaan. Sistem saluran pencernaan anak memang belum terbentuk dengan sempurna sehingga akan mudah terkena gangguan pencernaan. Selain itu, sikecil juga yang memiliki saluran cerna sudah baik dan memiliki kenyamanan saluran yang baik pula maka umumnya akan lebih jarang mengalami gangguan pencernaan seperti gumoh, kolik, konstipasi, diare, dan lain sebagainya. Anak yang memiliki pencernaan yang sehat juga bisa dilihat dari nafsu makan sikecil yang baik dan nutrisinya bisa terserap dengan baik.

Dengan berbagai macam tanda pencernaan anak sehat tersebut diatas maka saluran berperan penting untuk menjaga kesehatan sikecil. Selain itu, faktor penting dalam proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu, ciri-ciri pencernaan  anak yang sehat sangat penting untuk diketahui. Jangan lupa juga untuk mencari tahu gejala gangguan pencernaan yang mungkin dialami sikecil sehingga bisa diatasi dengan baik jika mengalami masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *