Perut anak sehat Dan Normal

Perut anak sehat Dan Normal

Seperti yang Anda ketahui, ibu memiliki 80% sistem kekebalannya berada di saluran pencernaan anak. Oleh karena itu, penting untuk menjaga sistem pencernaan anak. Apalagi mengingat saluran pencernaan anak belum terbentuk sempurna sejak usia dini. Menjaga kesehatan pencernaan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit perut sehingga perut anak sehat sesuai dengan perkembangan tumbuh kembangnya.

 Louise Goldberg, RD, LD, ahli gizi di Children’s Memorial Hermann Hospital dan ahli gizi di Texas, AS, mengatakan bahwa tubuh membutuhkan cukup serat, cairan, dan latihan fisik untuk menjaga kesehatan anak. Berkaitan dengan hal tersebut, para ibu juga memiliki kebiasaan yang harus dihindari untuk mendukung kesehatan pencernaan anak sehingga perut anak menjadi sehat. Berikut ini adalah 4 Penyebab perut tidak sehat pada anak :

  1. Makan terlalu cepat

 Makan terlalu cepat dapat mengganggu kesehatan perut anak, makan berlebihan, atau makan sesuatu yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi juga tidak baik untuk kesehatan perut anak. Anda dapat membiasakan anak makan dengan posisi duduk tanpa embel-embel gadget atau mainan lainnya. Ajak anak Anda untuk belajar dan menikmati makanan. Juga, ajari anak Anda untuk mengenali sinyal yang dipancarkan tubuh Anda saat Anda lapar atau kenyang.

  1. Tidak pilah pilih makanan

 Jika anak Anda senang memilih makanan, maka akan sulit untuk mencapai diet yang seimbang. Apalagi jika anak Anda tidak menyukai sayur dan buah serta kekurangan serat, Anda membutuhkan serat untuk menunjang kesehatan pencernaan anak Anda. Kebiasaan lain yang terkait dengan pola makan anak yang harus dihindari adalah makan camilan secara berlebihan. Makanan yang ibu berikan di rumah tentunya akan lebih bergizi dan bersih, yang baik untuk kesehatan perut anak.

  1. Tidak cukup minum air

 Asupan cairan yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak Anda. Namun, ibu harus mendorong anak-anak mereka untuk minum banyak air dan tidak minum terlalu banyak minuman berkalori tinggi. Hindari sering mengkonsumsi minuman berwarna untuk mencegah pencernaan yang tidak sehat pada anak.

  1. Kurang olahraga

 Seperti disebutkan di atas, aktivitas fisik yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa sistem pencernaan anak Anda berfungsi dengan baik. Karena itu, jangan biarkan anak Anda terlalu pendiam di depan TV atau gadget Anda. Dengan olahraga yang cukup, Anda dapat menjaga berat badan anak Anda, mencegah sembelit, dan meningkatkan rasa percaya diri anak Anda.

Tentunya agar si kecil terhindar dari kebiasaan-kebiasaan di atas, ibu juga harus menghindarinya, ya. Tentu saja, melihat anak Anda membentuk kebiasaan yang baik untuk kesehatan pencernaan akan membantu anak Anda terbiasa. Anak kecil Anda tanpa gangguan pencernaan bisa bersenang-senang! Demikian ulasan mengenai hal-hal yang mengakibatkan perut tidak sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *