Bisnis Network Marketing: apakah menguntungkan?

 

Tidak banyak orang yang menggeluti bisnis network marketing, namun ada juga yang belum mengetahui bahwa ini adalah bentuk bisnis network marketing.

Ada banyak cara orang bisa mendapatkan uang, salah satunya dengan menjalankan bisnis. Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, kemungkinan seseorang untuk menjalankan bisnis menjadi lebih beragam.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah apa yang disebut pemasaran multi-level atau pemasaran jaringan.

Pemasaran jaringan adalah bisnis yang menjanjikan. Namun tentu saja, untuk ini Anda membutuhkan strategi yang solid. Lihat detail kesepakatan pemasaran jaringan ini untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu Network Marketing?

Bisnis Network Marketing

Network marketing adalah strategi pemasaran produk berbasis penjualan langsung melalui MLM. Anda perlu mempekerjakan lebih banyak orang untuk mempromosikan produk Anda. Setelah itu, kami membagi laba yang diterima dari penjualan individu dan laba dari penjualan personel penjualan yang direkrut menurut tingkatannya.

Ini berarti bahwa semakin banyak perwakilan penjualan yang Anda pekerjakan, semakin banyak pendapatan dan bonus yang akan diperoleh perwakilan penjualan Anda.

Sistem berlapis ini membentuk istilah “Mouse Ceramah”. Semakin banyak orang yang Anda pekerjakan, semakin tinggi posisi manajer perekrutan Anda.

Lingkungan kerja dalam dunia bisnis network marketing memiliki istilah downstream dan upstream. Intinya adalah orang-orang yang disewa oleh bawahan atau perusahaan untuk menjual produk bersama-sama.

Hulu adalah bos, tetapi orang yang mempekerjakan tenaga penjualan baru atau berhasil dijual bergabung dengan hilir.

Secara umum, tanggung jawab downline dan upline dalam pemasaran jaringan tidak jauh berbeda. Keduanya merupakan penjual langsung yang menjual produknya ke masyarakat.

Tidak hanya itu, hulu dan hilir sama-sama harus terus menuai keuntungan berbisnis dengan lebih banyak karyawan.

Ciri-ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Bisnis Network Marketing

Ada banyak perusahaan pemasaran jaringan di pasar, dan calon distributor dan konsumen tidak memahami produk pemasaran jaringan seperti apa yang baik. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk lebih memahami apa itu pemasaran jaringan dan apa karakteristik pemasaran jaringan yang baik.

1.        Terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)

Perusahaan network marketing perlu memperhatikan kehandalannya jika sudah resmi terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI). Untuk bergabung dengan asosiasi dan menerima akreditasi, perusahaan pemasaran jaringan harus mematuhi persyaratan dan kode etik tertentu yang disepakati oleh APLI. Ketika Anda mendaftar, Anda dapat yakin bahwa perusahaan pemasaran jaringan memiliki produk yang baik untuk masyarakat, dapat dipercaya dan sistemnya dapat dijelaskan.

2.        Produk dijual secara nyata

Tujuan bisnis pemasaran jaringan adalah menawarkan dan menjual produk sebanyak mungkin. Perusahaan pemasaran jaringan yang baik pasti akan menawarkan produk yang berbeda kepada pelanggan potensial dengan harga yang berbeda. Selain itu, kualitas produk yang dijual harus terjamin, dan penjual harus selalu terbuka terhadap keluhan konsumen.

3.        Memiliki badan hukum dan kantor yang jelas

Selain mendaftar di APLI, perusahaan network marketing yang baik dapat dikenal oleh badan hukum dan kantor pusatnya. Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke pemasaran jaringan, periksa dulu status biro, sebuah perseroan terbatas (PT) yang memproduksi produk untuk dijual. Cek juga status kepemilikan badan hukum, SUIPL (izin usaha penjualan langsung) dan NPWP perusahaan network marketing. Dengan identitas hukum dan PT yang jelas, Anda dapat menjelaskan jaringan pemasaran produk dan sistem bisnis Anda.

4.        Sistem terbuka

Daya tarik terbesar dari bisnis pemasaran jaringan adalah kesuksesan yang datang dari penjualan dan bekerja sebagai tenaga penjualan. Bukan hanya atasan yang terus mencari untung, tetapi bawahan sebagai bawahan pun bisa meraih kesuksesan yang sama tanpa menyembunyikan apapun. Persentase pendapatan yang jelas dan terbuka sangat membantu bisnis pemasaran jaringan berkembang dengan cepat.

5.        Garis atas dan bawah bekerja sama

Tanpa kerjasama yang baik antara hulu dan hilir, bisnis network marketing tidak akan berkembang. Budaya upline yang membantu downline dipromosikan dan mendapatkan lebih banyak pendapatan adalah ciri pemasaran jaringan yang baik. Pilih perusahaan yang akan secara aktif mendukung upline Anda dan memberikan informasi, saran dan pengetahuan pemasaran, dan mengundang downline Anda untuk mengembangkan bisnis Anda bersama.

6.        Produk ini banyak digunakan di pasar

Tanda-tanda dan karakteristik bisnis pemasaran jaringan populer di kalangan masyarakat umum, dan pasar dicirikan oleh besarnya pendapatan. Ketika sistem bisnis dan penjualan produk mencapai tingkat nasional atau kota-kota besar, bisnis pemasaran jaringan harus dipertimbangkan. Selain itu, kesejahteraan perusahaan dan jaringan distribusinya tercermin dari kualitas produk yang ditawarkan.

Bisnis Network Marketing

Masalah Bisnis dalam Pemasaran Jaringan

Apa pun yang Anda lakukan, selalu ada tantangan dan risiko, seperti B. bisnis pemasaran jaringan yang hanya didasarkan pada penjualan produk atau perekrutan distributor dan downline baru.

Sebelum memulai bisnis ini, kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan hal berikut:

1.      Katakan pada diri sendiri bahwa tugas Anda adalah menjual barang kepada orang lain.

2.      Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda jual disukai dan diminati banyak orang.

3.      Karena produk yang sama dijual dengan harga yang sama, tidak dapat disangkal persaingan sengit antar pengecer.

4.      Memulai pemasaran jaringan tidak akan serta merta mengubah status Anda sebagai pebisnis handal.

5.      Perusahaan dan produk periklanan membutuhkan banyak waktu, tenaga dan uang.