5 Alasan Pemasukan Besar Tapi Tabungan Kosong

Sering kali kita mendapati diri kita sendiri maupun orang lain sulit untuk menabung, padahal kita memiliki penghasilan yang besar. Kamu tidak sendiri, banyak orang yang merasakan demikian karena mereka tidak bisa mengatur pengeluaran bulanan mereka, terutama yang sudah memiliki cicilan kredit online.

Ini yang menjadi penyebab terhambatnya proses menabung, padahal menabung merupakan hal yang paling penting di dalam kehidupan. Tidak ada yang bisa menjamin kondisi keuangan akan selalu baik sehingga kita perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Selalu Ingin Membeli Barang Baru

Kebanyakan generasi milenial mudah tertarik dengan barang-barang keluaran terbaru. Ini yang menyebabkannya susah untuk mulai menabung. Fenomena ini dipengaruhi oleh sikap tidak mau ketinggalan trend. Akhirnya banyak dari mereka yang termakan trend yang sedang berlangsung.

Kondisi psikologis seperti ini yang menjadi sasaran empuk bagi para penjual barang. Mereka memanfaatkan trend untuk kepentingan bisnis. Untuk menghindarinya kamu harus bisa menahan diri untuk tidak konsumtif membeli barang yang tidak begitu diperlukan.

Punya Prinsip “Hidup Hanya Sekali”

Mempunyai prinsip hidup adalah hal yang penting agar punya idealisme dalam menjalani kehidupan ini. Namun prinsip hidup yang salah dapat membuat hidup kita menjadi kehilangan arah dan bisa menghancurkan masa depan.

Contoh prinsip hidup yang salah yaitu “Hidup hanya sekali” dengan prinsip ini kamu akan hidup foya-foya karena mengutamakan kesenangan saja. Padahal konsep hidup tidak melulu untuk bersenang-senang memanjakan diri dengan menghabiskan uang.

Lagipula akan selalu ada resiko kehilangan penghasilan karena berbagai penyebab. Jadi sebelum terlambat kamu perlu mengubah prinsip hidup jika kamu merasa bahwa itu salah.

Sedini mungkin mulailah menabung sebagian penghasilan serta merencanakan hari tua. 

Utang menumpuk

Jangan pernah meremehkan hutang. Sebelum memutuskan mengambil pinjaman  kamu harus bisa mengukur apakah sanggup melunasinya atau tidak. Terlebih jika kamu menunggak dalam proses pembayaranya, maka bunganya bisa turut membengkak. Alih-alih berkurang nilai hutang malah akan semakin membesar.

Mengambil pinjaman tanpa perhitungan akan membuat kamu susah menabung. Pasalnya seluruh gaji kamu bisa habis tersedot pembayaran cicilan pinjaman.  Ini bisa sangat mempengaruhi bagaimana kehidupanmu selanjutnya. 

Untuk itu sebisa mungkin hindari utang jika tidak benar-benar sedang dalam keadaan mendesak.

Jika harus berutang, pilih yang sudah tepercaya dan memiliki izin dari OJK. Contohnya seperti Kredivo. Ambil benefitnya dengan baik. Cicilan bisa hingga 3 bulan tanpa bunga, cukup bayar adminnya saja. Jika harus cicil lebih dari 3 bulan, Kredivo tetap memberikan bunga pinjaman kompetitif hanya 2,6% saja per bulan dengan tenor pinjaman 6 dan 12 bulan.

Selain bisa untuk belanja cicilan online dan offline, Kredivo juga bisa dipakai untuk bayar berbagai tagihan, beli tiket pesawat, hingga pinjaman tunai tanpa survei ataupun tanpa agunan.

Kurang paham cara mengelola finansial

Untuk seseorang yang baru bekerja atau baru mendapatkan penghasilan yang besar, umumnya akan terlena dan kurang memperhatikan pengeluarannya. 

Biasanya yang bersangkutan ingin menggunakan uang yang mereka miliki untuk bersenang-senang atau membeli barang-barang impian. Kadang mereka lupa bahwa uang dapat habis jika digunakan terus menerus.

Inilah yang disebut dengan kurang paham cara mengelola finansial dengan baik. Idealnya kamu dapat membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau hanya sekedar menjadi keinginan belaka. 

Kurang tertatanya pengeluaran akan membuat kamu kesulitan mengatur keuangan sehingga tidak mampu menabung.

Menunda menabung

Banyak orang berfikir untuk menunda menabung karena usia mereka yang masih terbilang muda. Tentu saja ini tidak mencerminkan perilaku yang baik terkait keuangan. Jika kamu sudah berpikiran seperti itu, maka kamu akan semakin sulit untuk menabung dan akhirnya tidak akan memiliki simpanan untuk kebutuhan darurat.

Pemahaman tentang pengendalian finansial sangatlah penting karena kamu perlu mengelola uang dengan baik terutama bagi yang berpenghasilan besar. Dengan begitu tidak akan ada istilah kesulitan menabung dalam kamus kamu. 

Salah satu cara terbaik dalam mengelola uang adalah dengan mulai menabung sedini mungkin demi hidup sejahtera di usia senja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *